Tuesday 4 February 2014

Burung Kenari Pak Santoso, Bertelur 4-5 Butir Menetas Semua


Santoso, yang berperawakan gagah, tegap dan sederhana itulah salah satu mitra HCS yang selalu menekuni ternak kambing dan Burung Kenarindisamping kesibukan dinasnya di Akedemi Militer Magelang. Pria berumur kira-kira 45 tahun, yang tinggal di kawasan lembah gunung Merapi tepatnya di Dusun Pandean, Desa Jeruk Agung, Kecamatan Srumbung, Kab Magelang bertutur dengan lugas jelas dan mantap layaknya seorang militer ketika ditemui tim Surya Agro Java (SAJ) salah satu konsultan agro PT HCS. “Ternyata SOC untuk burung kenari saya OK,. Juga, maksudnya OK karena burung kenari yang saya peranakan ini mempunyai keistimewaan. Antara lain indukan yang biasanya bertelur 2 setelah diberi SOC produk dari PT HCS bisa bertambah menjadi 4-5 butir. Kemudian daya tetasnya sangat tinggi, dan anakannya yang sudah menetas daya hidupnya tinggi, tidak mudah mati.” Tutur Pak Santoso sambil menunjukkan sarang yang berisi telur 4 buah. 


Saat ditemui Tim Surya Agro Java (SAJ), Pak Santoso mengelola indukan burung Kenari sebanyak 15 indukan. Ditambahkan olehnya “Keistimewaan lain yang saya perhatikan setelah minum SOC produk PT HCS yaitu, indukan yang biasanya mulai nangkring di sarang untuk mengeram biasanya setelah 21 hari, maju 3 hari yaitu 18 hari sudah mulai mengeram, berarti ada percepatan pematangan indukan dalam reproduksi telur. Bagi saya ini sangat luar biasa dan menguntungkan”. Sesaat Pak Santoso selalu mengacungkan jempol dan mengucapkan terimakasih atas bimbingan dari Tim HCS dan SAJ yang telah memberikan pelatihan, bimbingan dan pendampingan padanya.

Ketika ditanya berapa dosis pemberian minum SOC pada burung kenari, beliau dengan sigapnya menjawab, “ Sangat irit sekali dosis pemberian SOC nya, setiap satu hari saya beri 1-2 tetes pada tempat minumnya.”
Terakhir beliau menambahkan keunikan yang terjadi, ”Burung Kenari jenis Gloster Jambul ini (sambilmenunjukkan tangannya) sudah lama tidak mau bertelur, saya sampai hampir putus asa, apakah mau bertelur lagi atau tidak. Tapi setelah 2 minggu saya kasih SOC, ternyata diam-diam saya lihat sudah membuat sarang telur atau eraman. Berarti sudah siap bertelur, nah ini menunjukkan SOC ini mampu merangsang alat reproduksi didalamnya, sehingga mempercepat produksi telur.” Ini adalah contoh nyata kemudahan dan keuntungan, yang dapat diketahui oleh masyarakat terutama peternak yang ingin menjalin kerjasama dengan PT HCS melalui kemitraan. (Sumber Majalah Mitra HCS Edisi 02/Januari 2014)